banner 325x300 banner 325x300

Kapolda Malut Buka Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasum Polri

banner 120x600
banner 468x60

FaduliNews.com Senin (22/7/2024) – Kapolda Maluku Utara, Irjen Pol. Midi Siswoko, S.I.K., secara resmi membuka Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasum Polri Tahap II yang berfokus pada aspek pelaksanaan dan pengendalian. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kieraha Polda Malut.

Hadir dalam acara tersebut Wakapolda Malut, Brigjen Pol. Samudi, S.I.K., M.H, Ketua Tim Audit Kinerja Irwasum Polri, Brigjen Pol. Budi Widjarnako, S.H., M.H., beserta anggota tim, pejabat utama Polda, serta para Kapolres/Ta jajaran.

banner 325x300

Dalam sambutannya, Kapolda Malut menekankan pentingnya pelaksanaan audit kinerja sebagai fungsi kontrol terhadap program-program yang telah dibuat oleh masing-masing satuan kerja.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pelaksanaan tugas berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Lanjut, Kapolda Malut meminta kepada para Kasatker untuk menerima tim audit dengan baik. Mereka diminta memberikan keterangan secara terbuka dan transparan, serta memanfaatkan kapasitas tim audit yang juga berfungsi sebagai konsultan.

Selain itu, Kapolda berharap adanya kerjasama yang baik dan saling terbuka antara tim audit dan pihak yang diaudit. Dengan demikian, kehadiran tim audit dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pelaksanaan program, kegiatan, dan pengelolaan keuangan negara di Polda Malut.

Sementara itu, Ketua Tim Audit Kinerja menyampaikan sambutan dari Itwasum Polri. Ia mengatakan bahwa audit kinerja ini merupakan bentuk pengawasan atas pengelolaan keuangan negara dan pelaksanaan tugas pokok Polri di berbagai bidang.

Pelaksanaan audit ini didasarkan pada peraturan pemerintah dan peraturan Kapolri. Tujuannya adalah untuk meminimalisir temuan audit internal maupun eksternal serta memastikan bahwa semua proses berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Audit kinerja ini menargetkan pelaksanaan program kegiatan, realisasi penggunaan anggaran, pertanggungjawaban keuangan, serta evaluasi tindak lanjut hasil audit tahap I. Diharapkan, kerjasama yang baik antara auditi dan tim audit dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pelaksanaan program dan pengelolaan keuangan negara.

Irwasum Polri menekankan pentingnya memperkuat sistem pengendalian internal di setiap satuan kerja. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penyimpangan dan mendorong peningkatan tata kelola yang baik dalam penyelenggaraan tugas, fungsi, dan peran Polri yang transparan dan akuntabel.

(FN)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *