banner 325x300 banner 325x300

Tanggul PT.HPAL ANAK CABANG HARITA GROUP JEBOL,WARGA PANIK DI LOKASI PERUSAHAAN

banner 120x600
banner 468x60

HALSEL-FN, juma’at/05/07/2024  Tingginya intensitas curah hujan  di pulau Obi kabupaten Halmahera Selatan, kecamatan Obi kini membuat tanggul penahan air dari Perusahaan tambang milik  PT.HPAL anak cabang dari PT.HARITA NICKEL kini sangat membahayakan warga sekitar desa kawasi.

Akibatnya meluap sampai ke rumah warga pada Juma’at (05/7/2024) Malam Akibat Banjir dan lumpur tambang juga menghantam satu bodi kayu milik nelayan yang di ikat di sungai  buaya,dekat POS Jaga Jembatan merah sehingga terbalik dan rusak, mengalir nya air ke rumah warga,sejumlah warga pun berhaburan untuk mencari aman (mengungsi) ke tetangga yang  rumahnya jauh dari luapan air.

banner 325x300

Disisi lain di benarkan Salah satu warga Kawasi yang berprofesi sebagai nelayan Tak mau di sebutkan namanya mengatakan
Tanggul Perusahaan Tambang milik PT.HPAL Anak cabang  PT.Harita Group semalam jebol dan meluap sehingga air naik sampai ke rumah kami,luapan air di sertai intensitas curah hujan membuat tanggul penahan air dari perusahaan tambang jebol.

jadi itu pihak perusahaan sudah mulai perbaikan pasca kejadian tadi malam ujar warga saat ditemui pada juma’at (5/07/2023)WiT, Bukan cuman tanggul jebol informasi salah satu sumber di seputaran desa Kawasi juga mengatakan jika pipa air milik perusahaan Harita juga putus,sehingga masyarakat di seputaran desa kawasi kesulitan mendapatkan air bersih. belum tahu penyebab terjadi  jebol atau putusnya  pipa milik PT.Harita NICKEL.

Sejauh ini awak Media FaduliNews.com melakukan investigasi  lebih lanjut di lokasi yang di duga terjadinya  jebol tanggul,Hasilnya mengejutkan dan benar adanya tanggul yang jebol di lokasi pos buaya,saat kami mendatangi ke pos penjagaan security ( jembatan merah) untuk meminta petunjuk sementara pihak perusahaan saat di konfirmasi belum bisa  memberikan keterangan lebih lanjut.

Untuk itu wartawan masih menunggu konfirmasi balik dari pihak perusahaan PT.HPAL Anak cabang Harita group.

(FN)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *